Dirgahayu Gerakan Pramuka ke-50, Satu Pramuka Untuk Satu Merah Putih Jayalah Indonesiaku Pramuka

Tentang Kami

Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Cabang (DKC) merupakan wadah pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di tingkat kwartir untuk mengelola dan menggerakkan kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

DKC mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Pelaksana kebijakan kwarcab tentang kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega termasuk kegiatan satuan karya Pramuka;

2. Perencana dan penyelenggara kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sesuai dengan keputusan Musppanitera Cabang

3. Pemberi sumbangan pikiran dan laporan kepada kwarcab tentang perencanaan pengorganisasian dan pelaksanaan pengembangan kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega;

4. Penggerak Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam pelaksanaan kegiatan di tingkat cabang;

5. Persemaian kader pimpinan.

Dewan Kerja Cabang 20.06 Kota Baubau memiliki identitas nama “ Oputa Yi Koo” nama yang didedikasikan dari sosok pahlawan pada masa kesultanan Buton yang gigih melawan penjajah Belanda.

Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Kota berdiri pada tahun 2002 seiring dengan berdirinya Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Baubau, yang pada saat itu Kakak Darmawan Abdullah terpilih sebagai ketua DKC pad MUSPANITERA I, kemudian pada tahun 2004 melepas jabatannya pada MUSPANITERA II digantikan oleh Kakak ASIAH, dan oleh kak Dafid menggantikan kak Asiah karena berhalangan tetap (menikah), pada MUSPANITERA III tahun 2009 Kak Dafid kembali terpilih namun karena usia ia meletakan jabatannya pada tahun 2011 digantikan oleh kak Laode Heriawan dengan Komposisi sebagai Berikut:

Ketua : LA Ode Heriawan

Wakil Ketua : Wa Ode Siti Maharani, SH

Sekretaris : Dino Rzadman

Bendahara : Nur Sabaria

Bidang Kajian Kepramukaan

1. Lia Dwita Sari

2. Tatang Adiolona Bakir

Bidang Kegiatan Kepramukaa

1. Abdul Zuhranudyn

2. Aziza Syahrani

Bidang Pengabdian Masyarakat

1. Audry Vatmika Nur Indah Sari

2. Abdul Syukur Tatro

Bidang Pengembangan dan Evaluasi

1. Atmalingga Sofiani

2. Harman

Minggu, 08 Mei 2011

Kwarcab Kota Baubau Aktifkan Gelar Senja setiap tanggal 17

Majelis bimbingan Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Bau-Bau, Drs. H. MZ Amirul Tamim, M.Si  memberikan apresiasi kepada Kwartir Cabang Kota Baubau yang telah menggelar Upacara Gelar Senja dalam setahun terakhir ini, Kak mabicab yang juga adalah Walikota Baubau ini telah menetapkan setiap tanggal 17 dilaksanakan upacara gelar senja yang dipusatkan di halaman Kantor Walikota Bau-Bau. “ tanggal 17 pagi, selalu diperingati upacara hari kesadaran nasional, kemudian sorenya akan dilaksanakan upacara gelar senja  oleh para anggota Pramuka se-Kota Bau-Bau.

Tujuan upacara gelar senja, adalah memotifasi kaum mudah terfokus pada kegiatan-kegiatan yang mendidik. Pramuka sebagai wadah yang cocok buat mereka berkreasi. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pramuka untuk melatih fisik,mental ataupun meningkatkan wawasan, yang akan menjadi bekal untuk masa depan. “masa yang akan datang, kita tidak tau apa yang akan dihadapi anak-anak kita, karena zaman terus berkembang, untuk itu kita bisa siapakan mereka melalui wadah pramuka sehingga kedepan mereka bisa menempatkan diri ditengah-tengah masyarakat.

Atraksi Pramuka Penggalang
Sementara ka kwarcab gerakan pramuka Bau-Bau, Kostantinus Bukide, mengatakan Gerakan Pramuka Kota Bau-Bau harus ditingkatkan dengan melakukan berbagai kegiatan kepramukaan. Seperti Gelar Senja yang terlaksana sore ini (17/4/2011),. “kita akan minta kepada para anggota mabicab dapat secara bergantian untuk menjadi Pembina upacara, termaksud Pelaksana Upacara dan penampilan atraksi juga kita akan gilir dari Gugus Depan yang ada di Kota Baubau, hal ini akan mempuk kedisiplinan anggota pramuka.

Kawarcab Bau-Bau sebagai pelaksana Gelar senja, dan para pengurus telah melakukan persiapan-persiapan, “sebelum upacara gelar senja diawali dengan atraksi Keterampilan Pramuka dibawakan Gugus Depan Murhum yang berpangkalan di SMAN 3 Baubau dan SMPN 3 Baubau sementara Petugas Upacara adalah Gudep Jogugu berpangkalan di SMAN 2 Baubau.(Humas Kwarcab)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

wah keren kegiatannya kak...

Salam dari SBH Kota Kendari

Posting Komentar